Minggu, 11 Maret 2012

Hal yang harus dilakukan Suami saat Istri Hamil

Apa yang perlu dilakukan para suami dalam memperhatikan kebutuhan rasa aman dan nyaman pada saat istri selama masa kehamilan?
  1. Tidak berkata kasar dan berikan pujian dan dukungan bila istri berhasil melampaui masa – masa sulit saat hamil, misalnya bila terpaksa harus istirahat total atau bed rest. mual dan muntah.
  2. Dampingi istri sejak pemeriksaan awal kehamilan. Agar ikut mengetahui perkembangan calon bayi dalam kandungan
  3. Memperhatikan kebutuhan makan, minum dan istirahat istri, bila sama – sama bekerja luangkan waktu untuk saling mengingatkan.
  4. Tunjukkan keterlibatan sebagai suami dalam persiapan persalinan, misalnya saat berbelanja persiapan bayi.
  5. Bersama – sama hadir dalam kursus kelas ibu atau mengantar istri ke tempat senam hamil.
  6. Menyempatkan untuk lebih sering berdua, misalnya jalan pagi, makan berdua, kursus relaksasi, rekreasi  bersama. Mengambil waktu untuk mengantar istri berkunjung ke rumah teman yang hamil atau telah melahirkan untuk dapat saling berbagi pengalaman
  7. Membangun rasa percaya diri ibu hamil. Kendati tubuh ibu hamil mengalami perubahan berat badan, timbul flek pada wajah, dan perubahan bentuk perut yang makin membesar. Sebaiknya suami meyakinkan istri bahwa ia tetap menarik dan cantik.
  8. Tidak melakukan tindakan kekerasan memukul istri, dan  terlebih pemaksaan untuk melakukan hubungan seksual saat tubuh istri sedang kurang sehat saat hamil.
  9. Mempersiapkan keuangan secara matang untuk proses persalinan. Kesiapan ini akan memberikan rasa tenang bagi seorang istri.Pemilihan tempat persalinan juga sebaiknya dibicarakan berdua.
  10. Perbanyak doa dan sering – seringlah berdoa bersama dengan istri saat hamil
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar