Senin, 12 Maret 2012

Installer Aplikasi SAPPAW 2012

SAPPA-W (Sistem Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah) adalah sistem akuntansi yang digunakan oleh UAPPAW (Sistem Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah) untuk menggabung data laporan satker (SAKPA) yang mendapatkan anggaran dari dana APBN untuk menghasilkan laporan keuangan yang terdiri dari neraca, realisasi anggaran belanja dan realisasi pendapatan negara.
Laporan tersebut diperlukan sebagai bahan pertanggungjawaban atas pengelolaan keuangan wilayah dari gabungan laporan satuan kerjanya masing-masing.


Para pengguna  SAPPA-W  pada saat ini semakin bertambah, hal ini terjadi karena semakin banyak program-program pemerintah pusat yang pelaksanaannya harus dilakukan oleh instansi yang dalam interaksinya langsung berhadapan dengan masyarakat. Sebagai contoh dalam bidang kesehatan, dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk melakukan upaya preventif dan promotif, pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) yang dalam pelaksanaan teknisnya dilakukan oleh dinas kesehatan. Hampir seluruh pemerintah daerah mendapatkan dana BOK. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan juga bertambahnya jumlah satker yang harus mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangannya.


Aplikasi SAPPA-W  2012 dapat anda download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar