Sabtu, 25 Februari 2012

Hasbunallah : Cukuplah Allah Penolongku


Dalam kehidupan yang kita dijalani ini, kita pasti merasa tenang misalnya kita memiliki seorang pimpinan yang baik, yang sayang kepada kita, menjadi tempat berbagi, dan mencurahkan semua masalah yang kita hadapi padanya. Tetapi, akan sangat berbeda ketika kita melakukannya dengan manusia biasa jika di bandingkan dengan Allah SWT. Tentu saja selayaknya lah kita berlaku demikian hanya kepada Allah.


Karena kalau sikap kita pada Allah seperti itu maka Allah akan menjamin segala bentuk kebutuhan kita. Karena Allah lah yang memiliki segala sesuatu di bumi ini. Dia yang Maha Pemberi segalanya, sesuai dengan permintaan dan kebutuhan kita. Semua hal seperti di atas adalah sebuah bentuk penyerahan diri pada Allah yang di sebut juga dengan tawakal. Kepada Allah lah tempat kita bertawakal.

Tawakal kepada Allah, bukan kepada yang lain. Tawakal pada Allah berarti berserah diri pada Allah dan yakin sepenuhnya kepada Allah SWT. Namun, tawakal di sini bukan berarti bersifat malas atau pasrah tanpa adanya usaha. Tentu saja kita juga harus berusaha.

Sedangkan Hasbunallah adalah sebuah ucapan yang berarti cukuplah Allah penolongku. Sebuah ucapan dimana kita menyerahkan semuanya hanya padaNya, tentunya setelah kita berusaha. Sebuah ucapan yang berarti bertawakal pada Allah SWT.

Lalu, dengan adanya kalimat tersebut, mengapa kita harus cemas dan khawatir, bukanlah ada Allah penolong kita. Kita adalah makhluk lemah. InsyaAllah, Allah akan menjadi penolong kita.

Mari kita jadikan kalimat Hasbunallah menjadi semboyan hidup kita. Jika harta kita sedikit, hutang kita banyak, mengadulah hanya kepada Allah. Kesusahan dan bencana, semuanya kecil bagi Allah.

Al Bukhari, An-Nasai, Ibnu Abi Hatim, dan Al-Baihaqi meriwayatkan dari Abdullah bin Abbas (Salah seorang sahabat Nabi Saw, bahwa menurut beliau doa ini pernah di ucapkan oleh Nabi Ibrahim as. Ketika beliau dimasukkan ke dalam api. Begitu juga oleh Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat beliau ketika orang-orang mengatakan “sesungguhnya orang-orang telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka” Maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab :

Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung (Q.S Ali Imran 3 :173)

Dan setelah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat Beliau berdoa dengan doa tersebut di atas, maka Allah SWT mengabulkan doa mereka.

Kalimat Hasbunallah sangat ampuh bagi Anda yang membutuhkan pertolongann Allah dalam segala hal dalam keadaan sulit. Ingat, janji Allah itu pasti!

Hasbunallah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar